Sistem Informasi Psikologi tugas softskill 1

Definisi Sistem
Menurut Fat (dalam Hutahaean, 2012) sistem adalah suatu himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergangtungan, saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (Unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.
Kemudian menurut Indrajit (2001) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Sedangkan menurut Jogianto (2005), sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Definisi Informasi
Menurut Gordon B. Davis (dalam Hutahaean, 2012) informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Definisi Psikologi
Menurut Wade dan Tavris (2007), psikologi secara umum dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta bagaimana perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme, dan lingkungan eksternal.
Kemudian menurut Woodworth dan Marquis, psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas dari individu baik aktivitas kognitif, motorik maupun emosional. Sedangkan menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi adalah ilmu tentang kesadaran manusia.

Definisi Sistem Informasi Psikologi
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan kombinasi dari manusia dengan teknologi untuk mengoperasikan data atau informasi mengenai perilaku atau proses mental manusia seperti berbicara, berjalan, olah raga, atau proses melihat, mendengar, berpikir, mengingat, mengolah emosi, dan lain sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA
Basuki. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta : Deepublish.
Walgito, B. (2005). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tinggalkan komentar